Tips Keuangan Keluarga di Tengah Pandemi


Menghadapi masa pandemi seperti saat ini memang tidaklah mudah, terlebih adanya pembatasan kegiatan masyarakat yang memang mau tidak mau turut berpengaruh pada pola kerja dalam diri seseorang. Berubahnya pola kerja inilah yang mengakibatkan penurunan pendapatan yang cukup signifikan baik bagi diri sendiri ataupun keluarga kita. Untuk menghadapi masa pandemi yang masih berlangsung ini, pengaturan sistem keuangan dalam keluarga haruslah dijaga dengan baik, agar nantinya berbagai kebutuhan dalam keluarga dapat terpenuhi. Berikut ini beberapa tips keuangan keluarga untuk menghadapi masa pandemi yang masih terus berlangsung ini.

Tips pertama yang mungkin dapat kita terapkan adalah mencatat berbagai kebutuhan pokok yang memang harus dipenuhi selama satu periode keuangan. Kebutuhan pokok ini sangat penting untuk dicatat dengan baik agar nantinya nilai pendapatan yang diperoleh dapat diprioritaskan untuk kebutuhan pokok tersebut. Catatlah nilai kebutuhan pokok tersebut secara terperinci, seperti kebutuhan pangan, listrik, air dan kebutuhan bulanan lainnya, Setelah pencatatan kebutuhan ini maka pastikan anda juga mengetahui pendapatan perbulan yang masih bisa Anda dapatkan, agar nantinya susunan sistem keuangan dapat direncanakan dengan baik.

Tips keuangan keluarga lain yang dapat kita lakukan untuk menghadapi masa pandemi, antara lain adalah:

  • Jika Anda memiliki cicilan tetap perbulan yang harus Anda bayarkan, sedangkan pendapatan Anda menurun, mungkin Anda dapat memanfaatkan sistem relaksasi kredit yang memang diberikan oleh lembaga keuangan tempat Anda memiliki kredit. Pastikan Anda mengetahui secara pasti persyaratan dan konsekuensi dari sistem relaksasi tersebut.
  • Hilangkan budget untuk liburan dan tempatkan budget tersebut sebagai dana cadangan untuk berbagai kebutuhan mendesak yang mungkin saja kita hadapi.
  • Kurangi kebiasaan makan di luar rumah dan biasakan diri dengan mengolah masakan sendiri, dimana hal ini selain sehat tentunya dapat menghemat budget yang kita miliki.


Jika dimungkinkan untuk Anda melakukan usaha diluar pekerjaan tetap yang Anda miliki, maka lakukanlah pekerjaan tersebut sebagai nilai pengganti pendapatan yang berkurang. Anda mungkin dapat melakukan usaha penjualan online berbagai barang ataupun jasa yang dapat dilakukan dari rumah. Manfaatkan market place dan media lainnya untuk memulai usaha sampingan tersebut. Nilai pendapatan tambahan inilah yang mungkin dapat Anda jadikan sebagai dana tabungan yang hilang selama pendapatan utama menurun.

Yang lebih penting dalam menyusun rencana keuangan keluarga dalam satu periode keuangan adalah budget kebutuhan putra putri kita, baik dalam hal biaya pendidikan dan biaya tambahan lainnya. Anda dapat menjadikan budget pembiayaan ini sebagai budget kebutuhan pokok utama. Pastikan Anda menjalankan rencana keuangan tersebut dengan disiplin, agar nantinya plot masing-masing pembiayaan tidak terganggu. Tips keuangan keluarga selama masa pandemi ini, sebaiknya Anda jalankan dengan komitmen yang tinggi bersama dengan pasangan.

Tidak ada komentar untuk "Tips Keuangan Keluarga di Tengah Pandemi"