5 Tips Cerdas Memilih Sabun Bayi Untuk Kulit Sensitif


Mandi merupakan cara terbaik untuk membersihkan diri dari kotoran maupun sekedar menyegarkan tubuh yang lelah setelah beraktifitas. Namun karena kondisi kulit bayi yang sensitif, bunda perlu memperhatikan dan memilih sabun bayi terbaik bagi kebutuhannya. Kebutuhan yang berbeda dan banyaknya varian sabun di pasaran, tidak jarang menghadirkan rasa gelisah ketika membelinya. Agar tidak salah pilih, berikut tips cerdasnya. 

Tips Cerdas Memilih Sabun Terbaik Bagi kulit Sensitif si Kecil

1. pH Seimbang 

Disadari atau tidak, tingkat pH antara kulit bayi lebih kecil dibandingkan kulit orang dewasa. Adanya perbedaan tersebut, secara tidak langsung memberikan informasi bahwa perawatan khusus bayi tidaklah cocok dikenakan oleh orang dewasa dan begitu pun sebaliknya. Oleh karenanya, penting untuk menyecek kembali kadar pH pada sabun yang dipilih sebelum memasukkannya ke dalam keranjang dan membayarnya di kasir. 

2. Mengetahui Jenis Kulit Bayi 

Sebelum pergi berangkat membeli keperluan bayi, hal penting yang wajib diperhatikan adalah kondisi kulit si kecil. Sebab setiap jenis kulit membutuhkan perawatan serta perlindungan berbeda, yang tentunya tersedia dalam produk yang berbeda pula. Jika kandungan di dalamsabun bayi tidak sesuai dengan jenis kulitnya, bukan tidak mungkin jika si kecil menjadi rewel hingga muncul alergi hingga ruam di sejumlah titik bagian tubuhnya. 

3. Mengandung Gliserin

Jika bunda memperhatikan dengan seksama, pastinya menyadari jika kulit bayi terasa lembut dan kenyal. Agar kondisi kulit tetap terjaga, maka dibutuhkan serangkaian perawatan tepat seperti membeli sabun yang mengandung gliserin. Kandungan satu ini dapat memberikan perlindungan agar kulitnya tidak mudah kering maupun iritasi, dengan cara menjaga kelembapan kulitnya agar tetap sehat. 

4. Tidak Mengandung Alkohol

Alkohol seringkali ditemukan pada beberapa produk kecantikan, namun sayangnya kandungan tersebut tidaklah cocok dikenakan para bayi. Sebab alkohol memiliki sifat keras, ditakutkan dapat menyebabkan iritasi hingga membahayakan kesehatan kulitnya. Namun kabar gembiranya, saat ini sudah banyak produk sabun khusus bayi dengan kandungan non alkohol. Oleh karenanya, penting untuk membaca kandungan di dalam sabun agar tidak salah pilih. 

5. Bebas Paraben 

Demi menjaga kesehatan kulitnya, bunda bisa membeli sabun bayi bebas paraben sebagai alternatif terbaik. Paraben sendiri merupakan salah satu bahan yang berfungsi sebagai pengawet sekaligus mencegah adanya kontaminasi bakteri dan jamur. Meski demikian, produk bebas paraben tetap harus diwaspadai karena juga tidak baik jika digunakan dalam jangka panjang hingga resiko terkena kanker. 

Membeli sabun bagi si kecil ternyata tidak semudah yang dibayangkan sebelumnya, sebab bunda perlu mempertimbangkan beberapa hal agar kesehatan kulitnya tetap terjaga. Selain dari kualitas, jangan lupa untuk memperhatikan kandungan yang berada di dalam sabun tersebut cocok untuk jenis kulit si kecil. Sebab kulitnya yang sensitif jauh lebih peka untuk merasakan bahan kimia yang dirasa membuatnya tidak nyaman hingga muncul alergi. 

Tidak ada komentar untuk " 5 Tips Cerdas Memilih Sabun Bayi Untuk Kulit Sensitif"