7 Alasan Sistem Payroll Berbasis Cloud Lebih Baik untuk Bisnis


Saat ini, kita hidup dalam masyarakat digital, yang membuat data pribadi dan bisnis penting disimpan dalam aplikasi berbasis cloud; Tak terkecuali, sistem payroll dalam perusahaan.

Berpikir untuk beralih ke sistem payroll berbasis cloud? Tenang, Anda tidak sendirian. Kini, semakin banyak perusahaan yang beralih dari manual ke Software-as-a-Service (SaaS) berbasis cloud.

Faktanya, menurut PwC, 73 persen perusahaan telah memiliki setidaknya 1 aplikasi HR berbasis cloud, yang naik 68 persen di tahun 2018. Sepertiga dari perusahaan yang masih menggunakan software HR on-promise, berencana beralih ke cloud dalam waktu satu hingga dua tahun selanjutnya.

Jika perusahaan Anda masih mempertimbangkan sistem payroll berbasis cloud, berikut ini adalah 7 alasan terbaik mengapa Anda harus segera beralih. 

1. Sistem Payroll Berbasis Cloud Meningkatkan Kecepatan & Akurasi

Ada beberapa hal yang lebih penting bagi karyawan Anda daripada dibayar dengan benar dan tepat waktu. Namun bagi banyak departemen HR, menjalankan payroll sering kali menjadi urusan rumit karena banyak hal yang perlu diperhatikan.

Oleh karena itu, sistem payroll berbasis cloud dirancang untuk meringankan pra-penggajian. Sebagian besar aplikasi menampilkan user-interface yang menarik dan penggunaan yang mudah dipahami. 

Namun demikian, hal yang lebih signifikan justru fungsi otomatisasi. Hal ini diperlukan untuk meringankan sistem perhitungan yang sebelumnya dilakukan secara manual, hingga mengurangi kesalahan dan pengulangan yang membuat HR dan staff penggajian masih bergulat dengan payroll akhir bulan sampai tengah malam.

2. Sistem Mobile Menawarkan Aksesibilitas Lebih

Saat ini, pekerjaaan seringkali dilakukan di luar kantor. Baik work from home maupun sekadar bekerja dari cafe atau restoran. 

Salah satu keuntungan besar dari sistem payroll berbasis cloud yaitu, HR dan manajer di luar kantor dapat memproses dan menyetujui penggajian dari perangkat apa pun, kapan pun sepanjang hari.

Untuk bisnis dengan banyak cabang yang tersebar di beberapa lokasi, ini menjadi hal yang menguntungkan. Karyawan yang berkepentingan dapat meninjau dan menyetujui data absensi -maupun tanggapan permintaan cuti berbayar- langsung dari smartphone atau tablet mereka.  

3. Melindungi Data Perusahaan

Beberapa perusahaan khawatir terhadap keamanan sistem payroll berbasis cloud, tetapi kenyataannya, data yang disimpan di cloud umumnya jauh lebih aman daripada data yang disimpan di komputer. Ketika data penggajian disimpan di komputer, data sangat rentan akan bencana alam, kebakaran, dan bahkan kerusakan.

Penyedia sistem payroll berbasis cloud menginvestasikan sumber daya yang sangat besar dalam keamanan data dan infrastruktur aplikasi. Selain itu, data dienkripsi dan di backup dengan ketat.

Inilah keamanan data yang perlu dipertimbangkan saat memilih aplikasi payroll cloud:

  • Data harus dihosting di cloud pribadi.
  • Uptime server yang terjamin tinggi (mendekati 100 persen).
  • Server penyedia memantau keamanan 24/7.
  • Informasi harus dienkripsi dengan protokol yang aman.

4. Menyesuaikan dengan Kebutuhan Bisnis

Tidak seperti sistem penggajian di komputer Anda, sistem payroll Indonesia berbasis cloud dapat diskalakan. Jika perusahaan Anda mengelola karyawan musiman, berfluktuasi atau berkembang, hal ini menjadi nilai tambah tersendiri bagi perusahaan.

Sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang kapasitas yang terlalu besar atau membayar lebih dari yang Anda butuhkan. Biasanya, Anda hanya membayar kapasitas yang digunakan selama periode penagihan tertentu.

5. Menawarkan Employee Self Service Karyawan

Employee self service (ESS) memberikan manfaat yang signifikan bagi semua orang dalam perusahaan: karyawan, manajer, staff HR dan penggajian.

Fitur ESS memberi akses karyawan atas informasi penggajian mereka di mana, dan kapan saja. Dengan menggunakan smartphone, karyawan dapat memeriksa riwayat pembayaran dan tunjangan, melihat slip gaji, memperbarui informasi kontak, dan masih banyak lagi.

Hal ini tidak hanya memberdayakan karyawan, tetapi juga meringankan pekerjaan HR dan manajer yang harus menanggapi segala permintaan, yang memungkinkan mereka untuk fokus pada aktivitas bisnis yang lebih penting.

6. Mengurangi Anggaran Perusahaan

Solusi Saas berbasis cloud menawarkan laba atas investasi yang lebih tinggi daripada aplikasi yang dibuat sendiri. Tidak ada server internal yang harus dibeli dan dipelihara, tidak ada pengaturan fisik yang harus diselesaikan dan tidak ada upgrade alat yang harus dibeli. Pengusaha dapat menghemat biaya awal. 

Selanjutnya, pembaruan  ditangani oleh penyedia. Tim IT di perusahaan pun dapat fokus pada prioritas lain, dan staf payroll selalu dapat menggunakan aplikasi dan cara payroll yang paling mutakhir.

7. Mendukung Bisnis agar Ramah Lingkungan

Ketika ada lebih sedikit server yang dikelola, perusahaan mengurangi konsumsi energi mereka, sehingga mengurangi jejak karbon mereka. Selain itu, saat bisnis beralih ke sistem payroll berbasis cloud, pengguna hanya perlu menggunakan sebanyak mungkin penyimpanan cloud yang diperlukan. Tak ada pemborosan.

Sistem Payroll Talenta, Meringankan Pekerjaan HR dan Manajer hingga 50 %

Singkatnya, payroll software dapat mempercepat dan menyederhanakan proses penggajian bisnis, menyenangkan karyawan dan mengurangi anggaran.

Hal tersebut terutama berlaku untuk sistem penggajian berbasis cloud Talenta, Talenta dapat memangkas beban kerja tim penggajian Anda hingga 50%. Sekaligus meningkatkan akurasi, merampingkan proses pajak, dan memberikan visibilitas ke sistem payroll Anda secara real-time. 

Jika Anda tertarik dengan aplikasi payroll berbasis cloud, tetapi masih khawatir tentang keamanan, Anda harus tahu bahwa Talenta mengutamakan protokol keamanan yang melebihi praktik terbaik industri. 

Di Talenta, kami siap membantu Anda beralih ke sistem cloud. Pelajari lebih lanjut: coba demo gratis Talenta sekarang!

Tidak ada komentar untuk " 7 Alasan Sistem Payroll Berbasis Cloud Lebih Baik untuk Bisnis"