Kenali Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Malaria bersama SehatQ.com


Setiap orang tentu ingin memiliki tubuh yang sehat agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya, salah satunya malaria. Malaria merupakan penyakit infeksi menular yang yang dapat disebarkan melalui gigitan nyamuk. Seseorang yang terkena penyakit ini akan merasakan gejalanya seperti menggigil dan demam.

Jumlah seseorang yang terkena penyakit malaria di Indonesia cenderung menurun setiap tahunnya. Meskipun begitu, ada beberapa wilayah yang memiliki banyak penderita penyakit ini, khususnya wilayah Indonesia Timur, seperti Papua Barat dan Papua. Adapun pada wilayah Jakarta dan Bali sudah dikatakan bebas dari penyakit malaria. Meskipun begitu, Anda tetap harus mengetahui gejala, penyebab hingga cara mengatasi penyakit malaria guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Gejala Malaria yang Harus Dipahami

Bagi seseorang yang terkena penyakit malaria maka akan merasakan gejala malaria yang biasanya muncul setelah 10-15 hari terkena gigitan nyamuk. Namun dalam kasus lain, gejala ini akan dirasakan setelah beberapa bulan. Di mana parasit penyebab malaria dapat bertahan meskipun dalam keadaan tidak aktif. Adapun beberapa gejala yang dirasakan oleh penderita malaria yaitu:
  • Sakit kepala
  • Berkeringat banyak
  • Diare dan BAB berdarah
  • Menggigil
  • Demam
  • Nyeri perut
  • Lemas
  • Gejala anemia atau kurang darah
  • Pegal linu
  • Mual atau muntah

Biasanya gejala malaria akan digambarkan dalam tiga tahap selama durasi 6-12 jam. Awalnya akan terasa menggigil lalu menjadi demam dan merasa sakit kepala. Setelah itu penderita akan mengeluarkan banyak keringat dan merasa lemas sampai akhirnya tubuh normal kembali. Gejala malaria dapat dirasakan pada siklus tertentu, jika muncul 4 hari sekali maka dinamakan malaria kuartana dan jika muncul 3 hari sekali maka dinamakan malaria tertiana.

Penyebab Malaria

Penyebab malaria yaitu dikarenakan gigitan nyamuk anopheles betina yang membawa parasit plasmodium. Dimana ketika nyamuk tersebut menggigit tubuh Anda maka parasit plasmodium akan masuk ke dalam tubuh, lalu tumbuh dan berkembang biak dalam organ hati Anda.

Ketika parasit tersebut sudah tumbuh dan menjadi dewasa maka ia akan pergi dari organ hati, lalu mulai merusak sel darah merah. Karena hal tersebutlah, penderita akan merasakan gejala anemia. Penyebab malaria bukan hanya berasal dari gigitan nyamuk saja, melainkan paparan langsung antara penderita dengan orang lain, di antaranya seperti:

  1. Menerima donor organ dari penderita
  2. Melakukan transfusi darah dengan penderita
  3. Menggunakan jarum suntik yang sama dengan penderita
  4. Janin yang terinfeksi dari ibu yang menderita penyakit malaria

Cara Mengobati Malaria

Cara mengobati malaria yaitu dengan memberikan obat antimalaria guna membunuh parasit. Adapun jenis serta jangka waktu pemberian obat tergantung pada tingkat keparahan, gejala serta kondisi penderita. Anda bisa berkonsultasi dulu dengan dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Saat ini, Anda tidak perlu repot-repot cari dokter untuk berkonsultasi, karena dengan menggunakan platform sehatq.com Anda sudah bisa mendapatkannya dengan mudah. Platform kesehatan tersebut menyediakan dokter spesialis dari berbagai Rumah Sakit unggulan di Indonesia yang siap membantu kebutuhan Anda dalam berkonsultasi.

SehatQ.com merupakan platform kesehatan terbaik di Indonesia yang memberikan informasi seputar kesehatan dengan fitur menarik lainnya mulai dari toko obat, vitamin dan kecantikan, hingga informasi lengkap dan update mengenai virus Corona. Dengan menggunakan platform ini maka Anda akan lebih mudah menjaga tubuh agar tetap sehat, melalui informasi kesehatan yang Anda dapatkan.

Itulah beberapa informasi singkat mengenai gejala, penyebab, hingga cara mengobati malaria. Jika Anda terkena penyakit ini, pastikan segera diobati agar tidak terjadi komplikasi yang parah.

Tidak ada komentar untuk "Kenali Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Malaria bersama SehatQ.com"